Minggu, 22 Januari 2017

Ternyata Laut Indonesia Menyimpan Harta Karun Terbanyak

Lifestyle, Indonesia yang sebagian besar adalah lautan ternyata menyimpan banyak harta karun.

Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat terdapat sekitar 322 titik barang muatan kapal tenggelam di lautan Indonesia. Tahun ini, pemerintah berencana mengangkat tiga BMKT yang saat ini masih berada di dasar laut.

Pelaksana tugas Direktur Pengawasan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Kementerian Kelautan dan Perairan, Nasfri Adisyahmeta Yusar mengatakan pengangkatan akan segera dilakukan di beberapa titik yang dianggap memiliki potensi paling besar.

"Potensi. Titik BMKT itu ada sekitar 640 titik. Tetapi yang sudah dinyatakan berpotensi, hanya sekitar 322. Di tahun 2017 ini, kami ada rencana untuk angkat sendiri BMKT di tiga lokasi itu, yakni di Pulau Kelarik, Pulau Belitung, dan Pulau Selayar," kata Nasfri di Gedung Mina Bahari II.
   
Nasfri mengatakan pengangkatan BMKT bukan perkara mudah. Selain mahal, pengangkatan BMKT juga memerlukan proses panjang karena obyeknya berada di dasar laut.
"Ini tidak semudah yang kita bayangkan, karena banyak proses yang harus dipersiapkan," ujar Nasfri.
   
Nasfri mengatakan KKP merupakan ketua panitia nasional yang mengurus pengangkatan BMKT. Saat ini, proses pengangkatan masih menunggu izin lokasi dan izin pengangkatan.

"Kita masih tunggu izinnya itu, yang saat ini masih dibahas di Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Up